50 Tahun Dirantai, Gajah Ini Menangis Saat Dibebaskan

Raju saat diangkut truk menuju pusat konservasi gajah di Mathura, India. Selama 50 tahun gajah ini mengalami penderitaan dirantai dan disiksa para pemiliknya | Press People/Mirror | Dibaca 45

NEW DELHI – Angpao888.com :  Ternyata tak hanya manusia yang bisa menangis saat mendapatkan kebahagiaan, seekor gajah juga bisa menangis kala berbahagia. Seekor gajah bernama Raju, selama 50 tahun dirantai, dipukuli dan disiksa. Bahkan kakinya terluka akibat terlalu lama dirantai.

Raju bertahan hidup dari makanan yang diberikan para wisatawan yang lewat tempatnya dirantai di Uttar Pradesh, India. Namun, makanan itu tak cukup bagi Raju sehingga dia harus mengganjal perutnya dengan menyantap plastik dan kertas.

Namun, pekan lalu sebuah organisasi penyayang binatang asal Inggris Wildlife SOS-UK melakukan operasi penyelamatan yang dilakukan pada tengah malam. Para penolong Raju mengatakan mereka melihat hewan besar itu menitikkan air mata saat rantai yang mengekangnya selama setengah abad dilepaskan.

“Raju dirantai 24 jam setiap hari, sungguh perbuatan kejam. Tim kami sangat terkejut melihat air mata mengalir di wajah Raju saat penyelamatan dilakukan,” kata Pooja Binepal dari Wildlife SOS-UK.

“Situasi itu sangat emosional. Di dalam hati kami tahu, gajah itu sadar dia sedang dibebaskan,” tambah Pooja.

Gajah, lanjut Pooja, adalah hewan luar biasa dengan kecerdasan yang cukup tinggi. Tak ada yang tahu penderitaan seperti apa yang dirasakan Raju selama setengah abad terakhir.

“Hingga kami bebaskan Raju tidak mengetahui seperti apa rasanya berjalan bebas. Namun hari ini dia akan mengetahuinya dan akan mempelajari kenikmatan sebuah kebebasan,” ujar Pooja.

Sebanyak 10 orang dokter hewan dan pakar kehidupan liar bergabung dalam operasi yang digelar tengah malam itu. Selain itu, tim penyelamat juga dibantu 20 anggota Komisi Kehutanan dan dua orang polisi.

Penyelamatan Raju dilakukan tengah malam untuk menghindarkan hewan itu dari sengatan panas di kawasan Uttar Pradesh ini. Operasi ini digelar setahun setelah Wildlife SOS-UK mendapatkan informasi dari Departemen Kehutanan Uttar Pradesh.

Sebelum operasi pembebasan ini digelar, pengadilan sudah memutuskan negara untuk mengambil alih kepemilikan Raju.

“Tak banyak diketahui terkait masa-masa awal kehidupan Raju. Kami yakin dia diambil dari induknya saat masih bayi,” kata Pooja.

Pages: 1 2

Comment Here