7 Manfaat Air Kencing Unta Bagi Kesehatan

Unta | Dibaca 31

Angpao888.com : Allah swt menciptakan alam semesta ini beserta dengan isinya tentulah tidak sia-sia. Allah menundukkan alam semesta untuk manusia. Dalam artian, memberikan kemanfaatan yang banyak dalam setiap ciptaannya itu untuk digunakan dalam kehidupan manusia. Tidak ada satupun ciptaan-Nya yang sia-sia, karena semuanya telah diatur sesuai dengan takaran dan perhitungan yang sangat detail oleh Allah swt.

Seperti dalam air kencing binatang unta. Tahukah Anda dalam air kencing unta ternyata mengandung banyak manfaat yang bisa dimanfaatkan manusia?

Cendekiawan muslim Nadiah Thayyarah dalam kitabnya yang sudah diterjemahkan ‘Buku Pintar Sains dalam Al Quran’ mengatakan, selama ribuan tahun air kencing unta sudah digunakan dalam berbagai pengobatan. Nadiah mengutip ayat Al Quran:

“Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakan binatang ternak untuk mereka yaitu sebagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan Kami sendiri, lalu mereka menguasainya? Dan Kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka; maka sebagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebagiannya mereka makan. Dan mereka memperoleh padanya manfaat-manfaat dan minuman. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur?” (Yasin: 71-73).

Air kencing unta dapat digunakan dalam perawatan berbagai penyakit. Air kencing unta tidak najis. Nadiah mengambil pendapat mazhab Malikiyah dan Hanabilah, serta sebagian dari ulama Syafiiyah, seperti Ibnu Huzaimah, Ibnu Mundzir, Ibnu Hibban, dan Abu Said al Isthihri yang berpandangan tidak najisnya air kencing binatang ternak seperti unta.

Penggunaan air kencing unta untuk pengobatan dibolehkan, karena Rasulullah tidak pernah menganjurkan pengobatan dengan sesuatu yang najis. Riset dan penelitian ilmiah membuktikan bahwa air kencing unta mengandung banyak manfaat.

Berikut adalah 7 manfaat air kencing unta bagi kesehatan:

1. Air kencing unta mengandung kadar potassium yang tinggi. Bahan ini dapat mengganti kehilangan pottaassium pada pasien edema. Air kencing unta juga mengganti kekurangan protein dan albumin yang tidak bisa dipenuhi secara cukup oleh liver yang mengalami sirhosis.

2. Air kencing unta membantu menyembuhkan bisul dan luka, merangsang pertumbuhan rambut (baik di kepala maupun di wajah), menambah kilau rambut, menghilangkan ketombe di kepala, dan mengobati penyakit-penyakit kulit.

3. Kadar garam yang tinggi pada air kencing unta dapat membunuh bakteri dan jamur. Oleh sebab itu, ia sangat berguna dalam mengobati penyakit-penyakit bakterial.

4. Air kencing unta dapat membantu mengobati pembusukan gigi jika digunakan untuk berkumur.

5. Air kencing unta dapat mengobat luka kering maupun basah yang mengeluarkan nanah.

6. Air kencing unta dapat mengobati penyakit ginjal yang sulit diobati oleh obat-obatan kimia seperti bactrim.

7. Air kencing unta dapat menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker setelah meminumnya selama beberapa minggu.

( rmd / rmd )

Oleh Nadiah Nur Isfiana | Detik.com 

Comment Here