7 Tempat Wisata Menarik yang Terlarang bagi Perempuan

Prev1 of 3

Gunung Athos Yunani = google

Gunung Athos Yunani -| google

 

Angpao888.com: Traveling merupakan hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Tentunya tidak ada batasan bagi siapa saja yang ingin bertraveling, termasuk bagi para wanita. Bahkan, tidak sedikit dari para kaum hawa di dunia ini yang memiliki hobi traveling.

Memang terdengar cukup aneh, dimana beberapa tempat wisata ini dibuka tidak untuk dikunjungi oleh para perempuan. Meski tidak ada larangan bagi kaum wanita untuk bepergian, namun ternyata tidak semua destinasi wisata bisa mereka kunjungi. Bahkan, terdapat beberapa tempat yang tidak mengizinkan wanita untuk berkunjung.

Hal ini sebenarnya sudah berlangsung sejak lama, alasan pelarangannya pun bermacam-macam. Ada yang tidak memperbolehkan karena dianggap mengganggu kekhusyukan aktifitas ibadah, dianggap tidak suci karena sedang haid dan lain sebagainya.

Berikut ini 7  tempat yang melarang wanita untuk datang berkunjung. 

 

Pantai Pandawa - Bali | google

Pantai Pandawa – Bali | google

1.  Indonesia – Pantai Pandawa, Bali

Batasan akses untuk wanita bisa ditemukan di daerah Bali khususnya di beberapa pura, kuil dan juga pantai. Namun, larangan ini tidak ditujukan untuk semua kaum wanita melainkan hanya untuk wanita haid.

Alasan pelarangan ini, karena mayoritas tempat-tempat tersebut merupakan tempat yang suci sementara wanita haid sedang berada dalam keadaan tidak suci. Oleh sebab itulah hal ini diberlakukan.

Begitu juga dengan salah satu pantai di Bali, yaitu pantai Pandawa yang juga memasang papan peringatan agar wanita haid tidak berenang dilautnya.

Hal ini sebenarnya tidak aneh, mengingat hampir semua pantai di Bali melarang wanita haid untuk tidak berenang di lautan. Namun, baru pantai Pandawa yang memasang papan peringatan larangan ini.

 

2. Jepang – Gunung Omine, Nara

Gunung Omine Jepang | google

Gunung Omine Jepang | google

Gunung Omine, dengan ketinggian 1709 meter merupakan gunung suci yng berada di Nara, Jepang. Nama Omine diambil dari letak gunung ini berada di pegunungan Omine.  Namun sebenarnya memiliki nama resmi Gunung Sanjo. Di puncaknya terdapat sebuah kuil Ominesanji yang merupakan pusat dari agama Budha Shugendo yang ada di Jepang. Semua yang ada di gunung ini merupakan tempat suci yang diperuntukkan untuk ziarah serta sebagai tempat untuk melatih para biarawan di kuil tersebut.

Uniknya, digunung yang dianggap suci ini para perempuan dilarang untuk memasukinya bahkan orang yang baru saja kehilangan keluarga karena meninggal pun juga dilarang masuk. Selama sekitar 1.300 tahun yang diperbolehkan memasuki atau berkunjung ke gunung Omine dan melihat Kuil Budah di sana  hanyalah para pria. Perempuan dilarang masuk ke tempat ini dikarenakan kehadiran perempuan dianggap bisa mengganggu kekhidmatan orang yang berkunjung untuk berziarah. Gunung Omine juga telah masuk dalam daftar situs warisan budaya dunia Unesco tahun 2004.

Gunung Fuji juga melakukan hal yang sama, namun semenjak tahun 1872 aturan tersebut telah jauh lebih lunak.

Selain gunung Omine, ada satu tempat lagi yang melarang wanita untuk datang berkunjung yaitu gelanggang olahraga sumo. Sebab, di masa lalu olahraga sumo merupakan aktifitas yang berkaitan dengan ritual Shinto.

Dengan begitu alasan utama wanita tidak diizinkan masuk ke gelanggang sumo adalah karena anggapan wanita itu tidak suci.

Sehingga, apabila wanita ingin masuk maka dia harus minta ijin pada leluhur melalui perantara Itako, yaitu seorang ahli arwah.

Prev1 of 3

Baca Juga

Reaksi Anda terhadap artikel ini
  • Menarik
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
Dibaca 410 kali

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz
Baca Juga:
Fans Fanatik Warcraft China Lamar Kekasih di Tayang Perdana

Salah satu penggemar Warcraft melamar kekasihnya dengan berpakaian cosplay, tepat...

Close