8 Kegunaan Liquid Nitrogen dalam Pembuatan Ice Cream

Liquid Nitrogen(LIN) | Kuipao | Dibaca 49

Apakah Liquid nitrogen, 8 kegunaannya dan mengapa di pakai dalam pembuatan ice cream menjadi tren saat ini?

JAKARTA – Angpao888.com : Liquid Nitrogen(LIN) atau Nitrogen cair adalah nitrogen dalam wujud cairan bening yang memiliki suhu sangat rendah, yakni mendidih pada suhu -196 C.

Zat kimia ini dihasilkan secara industri dengan distilasi fraksional udara cair dan merupakan cairan kriogenik yang dapat menyebabkan pembekuan cepat pada kontak dengan jaringan hidup, yang dapat menyebabkan radang dingin.

Liquid Nitrogen memiliki 8 kemampuan untuk menjaga suhu jauh di bawah titik beku air membuatnya sangat berguna dalam berbagai aplikasi, terutama sebagai refrigeran siklus terbuka yaitu :

1. sebagai pendingin untuk kamera CCD dalam astronomi.
2. sebagai pendingin untuk komputer
3. untuk menyimpan sel pada suhu rendah untuk pekerjaan laboratorium.
4. untuk pembekuan perendaman dan transportasi produk makanan.
5. untuk kriopreservasi darah, sel-sel reproduksi (sperma dan telur), dan sampel biologis lainnya dan bahan.
6. untuk melestarikan sampel jaringan dari excisions bedah untuk studi masa depan.
7. untuk pelestarian cryonic dengan harapan penghidupan kembali masa depan.
8. dalam persiapan makanan, seperti untuk membuat ultra-halus es krim.

Dibahas dalam buku resep bernama Fancy Ices oleh Agnes Marshall di tahun 1890. Pada dasarnya, nitrogen cair digunakan untuk membekukan bahan makanan dengan cepat, dan biasanya digunakan dalam makanan penutup seperti kue dan es krim.

“Nitrogen cair hanyalah gas nitrogen yang tak berbahaya, yang didinginkan hingga suhu rendah sehingga menjadi cairan,” ujar Profesor Peter Barham dari School of Physics University of Bristol, seperti dikutip dari BBC (09/10/12).

Dengan menuangkan nitrogen cair yang sangat dingin ini, kristalisasi es akan berjalan dengan sangat cepat terhadap bahan pembuatan es krim seperti protein susu dan gula. Karena bersentuhan dengan udara hangat (lebih dari -196o celcius), maka Nitrogen cair pun menguap dan menghasilkan uap putih yang membuat banyak orang terkesan seperti di laboratorium.

Rahasianya adalah dalam pembekuan cepat. Ketika krim beku oleh nitrogen cair pada -196 ° C, kristal es krim buruk yang berstektur kasar tidak sempat terbentuk, Sebaliknya Anda mendapatkan mikrokristalin es krim yang sangat halus, lembut dan ringan di tekstur.

Oleh Master Chef Kuipau | Angpao888.com
Email : kuipao888@gmail.com
Tlp : +6289651512435 / 021 98317170
Pin BB / wechat : 7942B772 / kuipau805 

Comment Here