Ada 9 Inovasi Medis yang akan Mengguncang Tahun 2014

 foto: Ilustrasi penelitian.

Manusia selalu mencari cara untuk membuat hal-hal baru demi menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi. Begitu juga dalam bidang medis. Peneliti dan ahli kesehatan senantiasa berusaha untuk memunculkan berbagai inovasi yang penting bagi kesehatan banyak orang.

Di tahun 2013, peneliti telah banyak melakukan penelitian serta percobaan yang berujung pada penemuan teknologi terbaru di bidang kesehatan. Berikut adalah beberapa inovasi dalam bidang medis yang siap mengguncang tahun 2014, seperti dilansir oleh Health Line (27/12).

 

Ilustrasi obat kanker.

Ilustrasi obat kanker.

 

1. Perawatan baru untuk kanker darah

Sebuah penelitian di tahun 2013 memunculkan obat baru untuk pasien kanker darah. Obat ini baru saja dikembangkan dan diperkirakan bisa disempurnakan di tahun 2014. Eksperimen yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa obat ini mampu bekerja dengan baik pada 71 persen pasien yang memiliki leukemia kronis (CLL). Obat ini bisa membunuh sel kanker tanpa merusak sel yang sehat. Tak hanya itu, obat ini juga menyebabkan lebih sedikit efek samping pada pasien.

 

Ilustrasi sakit jantung.

Ilustrasi sakit jantung.

 

2. Penanda baru untuk risiko penyakit jantung

Selama ini peneliti menggunakan penanda untuk mengetahui risiko penyakit jantung pada seseorang. Biasanya peneliti menggunakan kadar kolesterol sebagai penanda. Namun kini mereka telah menemukan sebuah penanda lain yang disebut TMAO (trimethylamine N-oxide). Penanda ini sangat efektif untuk menunjukkan risiko sakit jantung pada orang yang tidak memiliki faktor risiko lain seperti kolesterol. TMAO sesungguhnya adalah produk sampingan bakteri pada usus yang bisa memberikan petunjuk penting mengenai risiko stroke dan penyakit jantung.

 

Ilustrasi kolonoskopi.

Ilustrasi kolonoskopi.

 

3. Pemeriksaan kolonoskopi yang lebih murah

Melakukan kolonoskopi adalah salah satu tes pemindaian kanker yang bisa menghabiskan banyak uang. Salah satu penyebabnya adalah karena kolonoskopi dilakukan oleh tenaga ahli yang harus dibayar mahal. Namun peneliti menemukan solusi untuk hal ini. Mereka membuat program komputer baru yang bisa membantu pasien melakukan kolonoskopi tanpa bantuan ahli. Alat ini akan diperkenalkan pada tahun 2014 dan bisa dioperasikan oleh ahli kesehatan tak harus seorang ahli kolonoskopi. Dengan begitu pasien tetap mendapatkan manfaat yang sama dengan harga yang lebih murah.

 

 

Pages: 1 2 3

Comment Here