Amerika Mendukung Aksi Israel di Jalur Gaza

Juru bicara Gedung Putih AS Josh Earnest — BRENDAN SMIALOWSKI / AFP | Dibaca 46

WASHINGTON – Angpao888.com : Amerika Serikat mendukung aksi Israel di Jalur Gaza, sementara Uni Eropa dan Persatuan Bangsa-bangsa mendesak kedua pihak untuk berhenti bertikai.

“Kami mengecam keras peluncuran roket secara terus-menerus ke wilayah Israel yang sengaja ditujukan pada warga sipil oleh organisasi teroris di Gaza,” ucap juru bicara Gedung Putih Josh Earnest di Washington, AS.

“Tidak ada satu negara pun yang dapat menerima jika ada serangan roket yang mengenai warganya, sehingga kami mendukung hak Israel dalam melindungi diri mereka dari serangan berbahaya tersebut,” tambah dia seperti diwartakan Reuters, Rabu (9/7/2014).

Meningkatnya kekerasan di sepanjang perbatasan Gaza, yang disebut sebagai yang terburuk sejak pertempuran delapan hari pada 2012, dipicu penculikan tiga remaja Yahudi di Tepi Barat pada 12 Juni.

Israel menuding Hamas sebagai dalang di balik penculikan. Mereka pun menangkap ratusan aktivis Hamas dalam upaya mencari ketiganya, yang pada akhirnya ditemukan tewas. Beberapa hari kemudian, seorang remaja Palestina bernama Mohammed Abu Khudair ditemukan tewas di kawasan hutan Yerusalem. Kematian ini diduga bermotif balas dendam.

Sejak tewasnya Abu Khudair, sebanyak 200 roket diluncurkan dari Gaza ke wilayah Israel. Peluncuran roket direspon Israel dengan serangan udara, yang menewaskan sedikitnya 23 warga Palestina, 17 di antaranya warga sipil.(Wil)

 

Pages: 1 2 3

Comment Here