Anda Tidur Mendengkur, ini Cara Mengatasinya

Ilustrasi Tidur Mendengkur | Google

Ilustrasi Tidur Mendengkur | Google

Jakarta – Angpao888.com: Menurut American Academy of Otolaryngology, sekitar 45 persen orang dewasa normal kadang mendengkur dan 25 persen di antaranya masuk kategori biasa. Masalah ini lebih umum terjadi pada pria, terutama yang overweight atau kelebihan berat badan.

Sekarang ini banyak dijual di pasaran alat anti-mendengkur yang mengklaim dapat mengurangi dengkuran. Namun Anda bisa mengatasinya dengan cara yang efektif, yang dapat membantu meredakan dengkuran Anda.

Dr Mark Hendricks, direktur medis dari layanan tidur di HCA Rumah Sakit Fairview Park di Georgia mengatakan, pendengkur kronis memiliki risiko kesehatan serius layaknya sleep apnea—berhentinya napas saat tidur—sehingga Anda perlu berupaya mengatasinya, atau mengonsultasikan kondisi ini dengan dokter, bila keluarga atau pasangan mengaku mendengar dengkuran Anda sepanjang malam.

Mendengkur biasanya memburuk seiring bertambahnya usia.  Apakah Anda ingin berhenti mendengkur? Berikut ini cara mengatasi  yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dengkuran:

1. Atur posisi tidur yang tepat

Mendengkur terjadi ketika langit-langit, tekak, lidah, tonsil atau otot di belakang tenggorokan saling bersentuhan satu sama lain, sehingga menimbulkan suara getar selama tidur.

Hindari posisi tidur telentang, berbaring di sisi kanan atau kiri alis tidur miring dapat menghindari lidah menutupi bagian belakang tenggorokan Anda, yang dapat menghambat pernapasan.

“Jika Anda atau pasangan hanya mendengkur saat tidur terlentang, gunakan bantal untuk menyangga punggung dalam waktu 1-2 minggu untuk menjaga tubuh agar tak berada dalam posisi terlentang,” kata Shelby Harris, PsyD, dari Sleep-Wake Disorders Center di Montefiore Medical Center di New York.

2. Ritual mandi sebelum tidur atau Hirup Uap Air Sebelum Tidur

“Saya sarankan untuk mandi dengan air hangat sebelum tidur, ini akan membantu membuka saluran hidung,” saran Hendricks.

“Terlebih bila Anda menyediakan segelas air garam di kamar mandi untuk membersihkan hidung, ini dapat membantu hidung tetap lembab.”

Hidung tersumbat dapat menyebabkan mendengkur. Salah satu cara mengatasinya adalah menghirup dalam-dalam uap air melalui hidung sebelum tidur. Anda juga bisa meletakkan handuk yang telah dicelupkan dalam air hangat dan menghirup uapnya untuk menghilangkan lendir penyebab hidung tersumbat.

3. Hindari pemicu alergi

“Mengganti sprei dan sarung bantal setidaknya 1 minggu sekali bisa mengurangi debu di tempat tidur. Menjaga hewan peliharaan agar tak masuk ke kamar tidur, juga bisa mencegah Anda terserang alergi yang akhirnya memperparah dengkuran,” kata Hendricks.

4. Mengurangi peradangan

Peradangan dapat mempersempit saluran napas di tenggorokan dan rongga hidung. Dr Gabrielle Francis, seorang dokter naturopati yang berbasis di New York City menyarankan Anda mengonsumsi beberapa rempah-rempah yang dikenal sebagai obat radang.

“Bahan herbal seperti kunyit dan jahe, baik untuk dikonsumsi, “kata Francis.

5. Turunkan 10 Persen Berat Badan

Jaringan leher orang yang kelebihan berat badan biasanya tebal. Ini yang memungkinkan munculnya risiko mendengkur. Menurunkan berat sekitar 10 % dapat membantu Anda menghentikan kebiasaan yang sangat mengganggu itu.

6.Hindari Alkohol dan Obat Penenang

Apa pun jenis obat penenang seperti pil tidur atau alkohol dosis rendah dapat menyebabkan mendengkur, karena cenderung menekan pernapasan. Karena itu, hentikan atau kurangi kebiasaan menggunakan obat-obat penenang.

7. Cobalah Obat Semprot Nasal

Penelitian menunjukkan bahwa obat nasal semprot dapat mengusir penyumbatan, sehingga membuat lubang hidung terbuka lebar. Dengan demikian Anda dapat terhindar dari risiko mendengkur. (th)

 

Baca Juga

Reaksi Anda terhadap artikel ini
  • Menarik
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Tidak Peduli
  • Takut
Dibaca 75 kali

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz
Baca Juga:
Strategi Baru Ahmad Dhani Dalam Demo ‘Tangkap Ahok’

Setelah konser demo ‘Panggung Aksi Tangkap Ahok' batal dilaksanakan, Ahmad...

Close