Android, Dulu Dicaci Kini Dicari

foto: technesstivity.com | Dibaca 25

Angpao888.com : Untuk pertama kalinya dalam sejarah, sistem operasi Android berhasil menguasai lebih dari 80% pasar smartphone di dunia. Tiga perempat dari seluruh smartphone yang dikapalkan di seluruh dunia adalah Android.

Menurut data yang dirilis oleh International Data Corporation (IDC), totalnya ada sekitar 261,1 juta smartphone yang dikapalkan pada kuartal tiga 2013, dan 81 persennya menjalankan sistem operasi Android.

Dari beberapa produsen smartphone yang merilis ponsel pintar berbasis Android, Samsung adalah yang paling banyak menguasai pasar. Produsen smartphone Samsung Galaxy S4 itu menguasai 39 persen pengapalan smartphone Android pada kuartal ketiga.

Kehadiran Android bahkan membuat gusar Apple selaku pembuat sistem operasi iOS. Saat Google merilis Android, mendiang Steve Jobs — pendiri Apple — menganggap sistem operasi berlogo robot hijau itu meniru iOS.

Menurut buku biografi Steve Jobs yang ditulis Walter Isaacson, Jobs disebutkan pernah mengumpulkan seluruh karyawan Apple di Town Hall yang ada di Apple Campus. Saat itulah Jobs melepas segala kemurkaannya kepada Android. Jobs bahkan bersumpah ingin menghancurkan Android karena dianggap sebagai produk curian.
Kisah Di Balik Lahirnya Logo Android
Nama besar Android sudah melekat erat dengan perusahaan teknologi raksasa Google. Sistem operasi Android kini telah memasuki versi ke sepuluh, dan yang terbaru adalah Android KitKat.

Dalam hal logo, sistem operasi berlambang robot hijau ini ternyata terinspirasi dari sebuah hal sederhana. Logo Android ternyata terinspirasi dari tanda yang ditemui pada pintu toilet umum.

Adalah Irina Blok, seorang graphic designer dan seniman, dialah sosok yang memiliki ide awal di balik pembuatan logo sistem operasi berlogo ‘robot hijau’ itu. Irina dan tim desainer Google diminta untuk menciptakan logo untuk platform perangkat lunak untuk penggunaan mobile dan mengandung unsur robot. Irina pun mulai mempelajari sejumlah karakter dari film dan mainan ber-genre sci-fi dan segala hal yang berhubungan dengan luar angkasa.

 

Pages: 1 2 3 4 5

Comment Here