Cara hemat Traveling ke Eropa

foto: ilustrasi

 

Banyak cara dan trik agar bisa jalan-jalan keliling Eropa dengan budget terbatas.

 

Jangan pakai jasa agen tour travel. Berdasarkan pengalaman pribadi, jalan-jalan sendiri tanpa agen tour travel di eropa sangatlah memungkinkan. Sebagian besar negara-negara di Eropa-seperti Berlin di Jerman atau Roma – menyediakan tourist information, city map juga mudah didapat.

 

Manfaatkan website seperti booking.com ; hostelworld.com ; hostelbookers.com ; budgetplaces.com dan lainnya untuk mencari penginapan murah. Buat para mahasiswa atau pelajar atau backpacker, memilih tinggal di dormitory-1 kamar bisa 4-12 orang akan lebih murah dibanding tinggal di private room hostel atau hotel. Pilihan penginapan murah lainnya adalah di apartemen (www.airbnb.com), belum lama ini teman saya tinggal di sebuah kamar-di apartemen seseorang di Paris > hanya 25 euro semalam untuk 2 orang > ada dapur sendiri bahkan. Pilihan lainnya adalah tinggal di campsite, menginap didormitory dengan format camping, tapi perlu dipertimbangkan juga jarak dari tempat yang dituju apakah akan memakan biaya transport banyak – karena biasanya tempat penginapan dengan format campsite jauh dari pusat kota. Mencari official dari hotel/hostel yang bersangkutan dapat menjadi alternatif yang baik, harganya mungkin lebih murah atau sama, tapi berdasarkan pengalaman – bisa jadi anda tidak perlu menggunakan kartu kredit untuk membayar dan tidak ada biaya untuk membatalkan booking.

 

Hemat biaya transportasi, misalnya dengan mem-booking tiket pesawat, bus atau kereta dari jauh-jauh hari. Pesawat yang terkenal murah untuk jarak pendek di Eropa adalah Ryanair, sementara untuk bus > uk.megabus.com. Pernah ada tiket dari amsterdam ke Brussel HANYA 1 euro, dan dari Amsterdam ke Paris atau sebaliknya hanya 15 euro. Dibeberapa negara tersedia one day tiket, atau semacam tiket untuk menggunakan transportasi umum apapun di wilayah tersebut selama beberapa hari, contohnya BTI (Bligietto Turistico Integrato) di Roma > berlaku selama 3 hari = 16,50 euro.

 

Contoh lainnya, di Jerman terdapat one day tiket atau group tiket (maksimal 5 orang) yang terbagi atas beberapa macam, yang hanya berlaku di wilayah tersebut (provinsi) atau untuk kemana pun di Jerman dengan tenggat waktu. Tiket tersebut berlaku untuk kereta lambat-normal (U-bahn atau S-bahn) bus dan juga trem. Untuk Jerman, ada alternatif lain yaitu menumpang mobil orang lain dan mengganti ongkos bensinnya >www.mitfahrgelegenheit.de .. biaya transport tentunya akan lebih murah dibanding dengan naik kereta atau bus. Apabila memungkinkan, cobalah sewa sepeda – karena dibeberapa negara tarif sewa sepeda selama beberapa hari bisa lebih murah dibanding dengan ongkos transportasi umum.

 

Dalam hal makanan atau keperluan sehari-hari, carilah supermarket, sejauh ini untuk makan McDonald, Burger King, dan restoran junk food lainnya memang lebih murah dibanding restoran lainnya. Kalau untuk minum, sebagai info tambahan air dinegara-negara Eropa memiliki kualitas yang baik, jadi sedia botol minum dan isi air dari air keran. Bahkan jika anda jalan-jalan ke Roma, anda akan menemukan beberapa keran air minum ditengah perjalanan.. Jadi anda tidak perlu beli minum di tempat makan. Kadang supermarket juga menyediakan makanan siap jadi dan harganya relatif lebih murah dari restoran ataupun rumah makan lainnya > contohnya di stasiun Termini, Roma ada supermarket namanya Conad dan dia jual makanan jadi seperti sosis+kentang, pizza, ayam panggang dan harganya sekitar 1,3 – 5 euro.

 

Hindari memakai toilet umum, karena biasanya toilet umum mengenakan biaya 50 cent hingga 1 euro sekali masuk. Cukup cari restoran atau rumah makan dan numpang toilet disana.

 

Manfaatkan student card (jika anda bukan student of E.U – ISIC bisa dimanfaatkan)untuk masuk museum, karena di Perancis, Yunani, Belanda, Jerman, maupun negara lainnya bisa mendapatkan potongan atau gratis masuk museum tersebut. Dan cobalah mencari tahu apakah ada tiket terusan untuk masuk ke museum-museum dan tempat wisata lainnya tersebut (seperti diAmsterdam, Belanda) atau ada potongan khusus dari voucher atau kupon.

 

Sabar mencari souvenir murah, biasanya souvenir yang tersedia ditempat wisata tersebut lebih mahal harganya dibanding didaerah yang lebih jauh jaraknya. Oleh karena itu, jangan terburu-buru memutuskan membeli souvenir > sebagai info di Paris, gantungan kunci Eiffel Tower hanya seharga 1 euro per 5 buah, dan di Roma anda bisa menemukan miniatur bangunan kuno seharga 1 euro per buah.

 

Namun hal lain yang perlu diperhatikan adalah pembayaran ; entah itu untuk booking tiket pesawat atau hotel; hampir semua pembayaran menggunakan kartu kredit atau dengan membuat akun paypal (bagi pengguna kartu debit). Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kemampuan berbahasa inggris (akan lebih baik lagi jika anda menguasai bahasa lokal negara tersebut-mungkin anda bisa menawar souvenir murah), kecuali Perancis karena orang-orang Perancis enggan menggunakan bahasa lain selain bahasa Perancis.

 

Dann hal lain yang penting adalah jangan pernah malu bertanya. Sekian dan semoga bermanfaat. 😀

Oleh Carla Listiarini – kompasiana.com

 

 

Baca Juga

 

 


Website counter

 

Comment Here