DE YONG ADRIAN, Pantang Ditipu Urusan Batu

Mengisi akhir tahun yang tinggal dua bulan lagi, De Yong Adrian, Direktur Pemasaran PT Asuransi Jiwasraya, sudah menyiapkan rencana liburan panjang. Pilihan dia adalah pulang kampung ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Tak semata hanya melepas kangen, Adrian punya misi menambah koleksi batu-batuan.

Ya, Adrian memang hobi mengoleksi batu sejak dekade 1990-an. “Orang Banjar itu hobi batu. Kalau tidak suka, malah seperti bukan orang Banjar,” ujar pria Banjar ini berkelakar.

Saat ini, Adrian sudah memiliki sekitar 100 batu. Koleksi batunya mulai dari berlian, intan, yakut, safir, topaz, alexandria hingga akik. Batu termahal yang pernah ia beli adalah berlian seharga Rp 60 juta, sedang batu yang termurah adalah akik Rp 2 juta.

Jangan coba-coba menipu Adrian dalam urusan batu. Ia bisa membedakan ratusan jenis batu. Pria kelahiran Samarinda ini bisa ngobrol berjam-jam soal batu. “Saya kalau sedang pulang kampung, bisa nongkrong di Pasar Martapura seharian,” ujar Adrian terbahak.

Tak cuma mengoleksi, Adrian sudah beberapa kali menikmati legitnya jual beli batu. Pada Lebaran kemarin, seorang kolega menawar batu yakut kuning yang dikelilingi berlian yang ia beli 18 tahun lalu. Meski sudah ditawar premium hingga 200% tapi Adrian masih enggan melego. “Nanti kalau saya sudah dapat ganti yang mirip, baru saya lepas,” kilah dia.

oleh : Anastasia Lilin Y

Sumber Mingguan KONTAN, edisi 11 November – 17 November 2013

 

 

 

 

Baca Juga

Posts not found

 

 

 


Website counter

 

Comment Here