DPR Segera Bahas RUU Larangan Minuman Beralkohol

Minuman Beralkohol. Ilustrasi. Foto (ist) | Dibaca 16

JAKARTA – Angpao888.com : DPR RI akan segera membahas Rancangan Undang Undang (RUU) tentang Larangan Minuman Beralkohol yang merupakan usul inisiatif DPR RI pada masa persidangan saat ini.

“Draf RUU Larangan Minuman Beralkohol sudah disetujui pada sidang paripurna DPR RI pekan lalu,” kata Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI, Dimyati Natakusumah pada diskusi “Forum Legislasi: RUU Larangan Minuman Beralkohol” di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Menurut Dimyati, RUU Larangan Minuman Beralkohol substansinya untuk mengurangi kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol karena berdampak memabukkan.

Orang yang mabuk, kata dia, perilakunya cenderung negatif karena kesadarannya hilang, sehingga tindakanhya tidak terkontrol.

“Mabuk itu dilarang oleh semua agama,” ucapnya, menegaskan.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menjelaskan, dalam RUU Larangan Minuman beralkohol ini juga mengatur batas maksimal kandungan alkohol dalam minuman beralkohol serta mengatur siapa saja yang boleh dan tidak boleh mengkonsumsi minuman beralkohol.

Menurut dia, batas maksimal kandungan alkohol dalam minuman beralkohol adalah maksimal 20 persen serta konsumennya untuk para wisatawan asing dengan batas usia minimal 17 tahun.

“Jika RUU Larangan Minuman Beralkohol ini selesai dan disetujui menjadi undang-undang, diharapkan dapat mengurangi konsumsi miras dan dapat mengurangi kebiasan masyarakat yang mabuk,” ujarnya, berharap.

Sebelumnya, sidang paripurna DPR RI pada Selasa (24/6), menyetujui draft RUU Larangan Minuman beralkohol yang merupakan usul inisiatif DPR RI untuk dibahas bersama bersama pemerintah.

Pada sidang paripurna tersebut, seluruh fraksi sepakat draft RUU Larangan Minuman Beralkohol untuk dibahas bersama pemerintah.(*/hrb)

Sumber : Investor Daily 

Comment Here