Fungsi Penting Air Putih untuk Tubuh

foto: air putih

JAKARTA – Angpao888.com: Ada satu pertanyaan, yaitu: “Mengapa kita hrs minum air putih banyak2?”. Sebenarnya jawabannya cukup “mengerikan” tetapi karena sebuah pertanyaan jujur harus dijawab dengan jujur, maka topik tersebut bisa dijelaskan sebagai berikut:

Kira-kira 80% tubuh manusia terdiri dari AIR. Malah ada beberapa bagian tubuh kita yg memiliki kadar air di atas 80%. Dua organ paling penting dgn kadar air di atas 80% adalah DARAH dan OTAK !!. Otak memiliki komponen Air sebanyak 90%. Sementara darah memiliki Komponen air sebanyak 95%.

 

Jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau 8 gelas air putih sehari. Jumlah di atas hrs ditambah bagi seorang PEROKOK. Air sebanyak itu diperlukan utk mengganti cairan yg keluar dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi.

 

Apa yg terjadi bila kita mengkonsumsi kurang dari 2 liter sehari ???. Tentu tubuh akan menyeimbangkan diri. Caranya …? Dengan jalan “Menghisap” air dari komponen tubuh sendiri terdekat: DARAH!! Darah yg dihisap Airnya akan menjadi kental. Akibat pengentalan Darah ini, maka perjalanannya akan kurang lancer ketimbang Darah Encer.

 

Saat melewati Ginjal (tempat menyaring Racun dari Darah), ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah. Dan karena saringan dlm ginjal halus, tidak jarang darah yg kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal. Akibatnya, air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal.

 

Juga dapat menganggu fungsi kerja ginjal pada tubuh anda. Ini dikarenakan air putih sangat penting untuk mencegah batu ginjal. Fungsi air putih pada organ ginjal akan membuat komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama buang air kecil yang kita keluarkan setiap harinya.

 

Bahaya kurang minum air putih berikutnya yaitu akan menyebabkan infeksi kandung kemih. Gejala infeksi kandung kemih yaitu suhu badan yang sedikit meningkat, terasa nyeri pada saat buang air kecil bahkan kadang kala terdapat darah dalam urine yang dikeluarkan.

 

Bahaya kurang minum air putih yang selanjutnya yaitu kulit menjadi kusam atau tidak menunjukkan kulit yang cerah dan awet muda karena aliran darah kapiler di kulit pada tubuh tidak maksimal.

 

Bila dibiarkan terus menerus, anda mungkin suatu saat harus mengeluarkan Rp. 2 juta rupiah seminggu untuk cuci darah. Bagaimana dengan OTAK? Nah saat darah Kental mengalir lewat otak, perjalanannya agak tersendat. Otak tdk lagi “Encer”, karena sel – sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen, ini yg mengakibatkan “STROKE”.  Oleh karena itu jangan lupa minum air putih yg banyak ya.

 
  

Comment Here