Inilah 10 Destinasi Wisata Lokal untuk Akhir Tahun

Dibaca
Website counter

LIBURAN akhir tahun sudah di depan mata. Bali sudah sering, ke Singapura juga bosan, ke Amerika dollar lagi mahal, ke Australia juga mahal. Kemana ya liburan yang asyik di dalam negeri? Hmm.. Liburan berkesan tak harus keluar negeri lho, justru di Indonesia ini bertebaran lokasi-lokasi cantik dan unik yang menarik wisatawan dunia berkunjung.  Amalla Vesta, independent travel consultant yang juga pemilik akun Twitter @LiburanLokal, berbagi rekomendasi 10 destinasi wisata di Indonesia khusus untuk pembaca Kabar3.

1.      Taman Nasional Komodo Flores
Cantiknya perpaduan laut dan pulau juga pantai yang ada di kepulauan ini: Pulau Rinca, Pulau Komodo, Pink Beach, Pulau Gili Lawa Darat, Pulau Kanawa, dan kota Labuan Bajo.Destinasi ini adalah tujuan utama penyelam dan penyuka aktivitas laut. Saat paling tepat untuk berkunjung adalah pertengahan tahun untuk cuaca dan kondisi laut yang baik. Dibutuhkan Advance Diving License untuk menyelam di sini karena arus yang kencang.

2.      Wae Rebo Flores
Sebuah desa di atas gunung dekat dengan Samudra Hindia. Ada 7 rumah niang khas Wae Rebo yang menjadi tempat tinggal ratusan penduduknya. Siapkan fisik untuk berjalan mendaki 4.5 jam menuju desa ini.

3.      Ora Beach Pulau Seram
Sebuah eco resort yang berada dalam teluk di Seram Utara Provinsi Maluku. Sederhana, damai, dan indah dengan hamparan coral-coral di bawah penginapan. Saran Vesta, akhir hingga awal tahun adalah waktu yang tepat untuk berlibur ke sini.

4.      Raja Ampat
Surga para penyelam yang terletak di Papua Barat. Pulau-pulau cantik, burung cendrawasih, makanan-makanan traditional, dan budaya unik menjadi daya tarik wisatawan dalam dan luar negeri. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah akhir hingga awal tahun.

5.      Maratua – Kakaban – Sangalaki
Berada di Kalimantan Timur, dekat perbatasan Malaysia. Wajib dikunjungi jika ingin melihat Stingless Jelly Fish, lumba-lumba, dan penyu di alam bebas. Pertengahan tahun adalah waktu terbaik untuk berkunjung ke sini. Pilihan kota terdekat yang memiliki airport: Berau dan Tarakan.

6.      Tanjung Puting, Konservasi Orangutan di Kalimantan Tengah.
Untuk menuju ke sini kita harus terbang ke Pangkalan Bun lalu dilanjutkan naik “Klotok” menyusuri Sungai Sekonyer selama minimal 1 malam. Siapkan anti nyamuk atau minum obat anti malaria sebelum ke sini.

7.      Pulau Weh Aceh
Pulau paling Barat di Indonesia dengan Sabang sebagai ibukotanya. Pulau ini  memiliki pantai-pantai yang cantik, benteng peninggalan Jepang, dan tugu 0 kilometer.

8.      Kawah Ijen & Taman Nasional Baluran Jawa Timur
Batuan sulfur kuning, api biru, dan sunrise adalah daya tarik utama yangg membuat wisatawan berkunjung ke Kawah Ijen. Sedangkan Taman Nasional Baluran memiliki padang savana seperti di Afrika.

9.      Tanjung Bira & Selayar Sulawesi – Selatan
Tanjung Bira terletak 5 jam berkendaraan mobil dari Makassar, memiliki pantai yang indah dan dekat dengan lokasi pembuatan Kapal Phinisi khas Bugis. Selayar di Takabonerate adalah sebuah atol yang indah untuk dinikmati penyelam.

10.   Wakatobi
Kepulauan yang masuk dalam segitiga coral dunia adalah lokasi tepat untuk menikmati indahnya alam bawah laut Sulawesi Tenggara.
NZT – Kabar3.com

 

Comment Here