Kecewa Kinerja Bawahan, Ahok Tuding Dinas PU Sengaja Cari Ribut

Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama | Kompas/Alsadad Rudi | Dibaca 22

JAKARTA – Angpao888.com : Nyaris dua tahun memimpin Ibu Kota, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku tidak ada realisasi program kerja dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI. Bahkan, ia menengarai adanya sabotase yang dilakukan para pegawai Dinas PU kepadanya.

“Jujur saja ya, saya sampai tanya ke pegawai Dinas PU, apakah kalian sengaja ngajak saya ribut? Apa ada sabotase? Ada pemboikotan? Kasih tahu saya, yang sudah dikerjakan PU selama saya 20 bulan di sini itu apa saja?” kata Basuki di Balaikota Jakarta, Selasa (8/7/2014).

Ia juga menyesalkan mengapa Dinas PU masih saja menggunakan alasan lambatnya lelang sehingga program kerja pun baru terlaksana pada akhir tahun. Padahal, semua alat berat dan jasa yang dibutuhkan telah tersedia di e-catalog.

Ahok, sapaan Basuki, mengaku telah berulang kali menginstruksikan pegawai Dinas PU untuk membereskan selokan yang penuh sampah, baik saat hujan maupun tidak hujan. Namun, hingga kini, instruksi itu tidak dijalankan.

Dia juga mengatakan, pembangunan jalan inspeksi bukan dikerjakan Dinas PU, melainkan malah menjadi kewajiban bagi para pengembang yang melakukan reklamasi pulau. Pembersihan sampah dan lumpur di Kali Pakin juga merupakan usaha pihak swasta atau bantuan corporate social responsibility (CSR).

Tak hanya itu, pihak swasta juga berperan dalam pembangunan jalan inspeksi Raden Saleh, Sentiong, Kanal Banjir Barat, dan Tanah Abang.

“Coba kasih tahu saya, (Dinas) PU kerjanya apa? Jangan pakai alasan ber-ber-ber lagi. Itu teori lama, alasan program baru bisa terlaksana Oktober, November, Desember. Kalau dibilangin, selalu bilang, ‘Iya Pak, janji Pak, janji Pak, janji Pak’. janji-janji, aku juga janji mau ganti kamu, Manggas (Kepala Dinas PU),” ancam Ahok.

Oleh Kurnia Sari Aziza | Kompas.com

Comment Here