Lembaga Survei Unggulkan Prabowo Siap Diaudit

Pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Hatta Rajasa bersama tim pemenangannya bersujud syukur di teras rumah orangtua Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (9/7/2014). Tim pemenangan pasangan Prabowo-Hatta mengklaim telah unggul berdasarkan hasil hitung cepat dari LSN, IRC, JSI, dan Puskaptis | KOMPAS/WAWAN H PRABOWO | Dibaca 57

JAKARTA – Angpao888.com : Dua lembaga survei yang hasil hitung cepatnya menunjukkan keunggulan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Indonesia Research Center dan Puskaptis, menyatakan siap diperiksa dan diaudit oleh dewan etik survei. Mereka merasa tidak ada sesuatu yang salah dengan hasil hitung cepat yang dilakukan.

“Mudah sebenarnya kalau mau diaudit. Tinggal dicek di website kami, tinggal di cek ke TPS yang kami datangi. Tidak ada masalah sama sekali,” kata Kepala Riset IRC, Yunita Mandolang, dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (12/7/2014).

Menurut dia, dengan audit, justru semuanya bisa menjadi jelas dan terbuka. Dengan begitu, pihaknya tidak akan terus menerus menjadi tertuduh.

Hal serupa disampaikan Direktur Eksekutif Puskaptis, Husein Yazid. Dia merasa tidak masalah jika harus diaudit.

“Kita sebagai lembaga yang bernaung di bawah asosiasi, selalu siap diaudit. Kenapa harus nunggu ada masalah seperti ini dulu?” ujarnya.

Namun, dia meminta dewan etik yang mengaudit juga bersikap netral. Menurut dia, saat ini ada dua asosiasi yang menaungi lembaga survei, yakni Persepi dan Iropi, dan dua-duanya tidak objektif.

“Persepi itu anggota dewan etiknya Saiful Mujani. Bagaimana dia mau memerikasa kalau lembaga dia (SMRC) juga ikut survei. Kalau Iropi itu Denny JA, lembaganya (LSI) juga ikut survei. Masa mau mengaudit diri sendiri,” ujarnya.

Oleh Ihsanuddin | Kompas.com 

Comment Here