Mengenal Penyakit Asma dan Pencegahannya

ilustrasi penyakit Asma | Adetao | Dibaca 22

JAKARTA – Angpao888.com : Kenali dahulu apa yang dimaksud dengan Asma. Dalam bahasa Yunani, Asma berasal dari kata “Asthma” yang artinya sulit bernapas.

Asma adalah suatu keadaan dimana saluran nafas mengalami penyempitan karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu, yang menyebabkan peradangan. Memang penyempitan ini hanya bersifat sementara saja.

Penyakit asma dikenal karena adanya gejala sesak napas, batuk dan mengi yang disebabkan oleh penyempitan saluran napas. Sedangkan frekuensi dan beratnya serangan asma bervariasi.

Beberapa penderita lebih sering terbebas dari gejala dan hanya mengalamai serangan sesak napas yang singkat dan ringan, yang terjadi sewaktu-waktu.

Penderita asma lainnya hampir selalu mengalami batuk dan mengi serta mengalami serangan hebat setelah menderita suatu infeksi virus, olah raga atau setelah terpapar oleh alergen maupun iritan. Menangis dan tertawa keras juga dapat menyebabkan gejala.

Serangan asma dapat terjadi secara tiba-tiba ditandai dengan napas yang berbunyi (wheezing, mengi, bengek), batuk dan sesak napas. Bunyi mengi terutama terdengar ketika penderita menghembuskan napasnya.

Dilain waktu, serangan asma juga bisa terjadi secara perlahan dengan gejala yang datang secara bertahap dan semakin buruk, jika tidak lekas dilakukan penyembuhan.

Dari beberapa hal keadaan serangan asma tersebut, biasanya si penderita akan mengalami rasa cemas dan mengeluarkan banyak keringat karena reaksi sesak napas didada yang kadang disertai batuk.

Sampai saat ini belum ada teori yang menyebutkan apa sebenarnya penyebab asma. Namun penderita asma jelas memiliki ciri yang khas sekali, yaitu peka terhadap berbagai rangsangan (bronchial hyperreactivity = hipereaktivitas saluran nafas).

Asap rokok, tekanan jiwa, alergen pada orang normal tidak menimbulkan asma, tetapi pada penderita asma rangsangan tadi dapat menimbulkan serangan.

Pages: 1 2

Comment Here