Obama Minta Israel dan Palestina agar tidak Terpancing Dendam

Presiden AS Barack Obama di sebuah restoran di Denver, Colorado — JEWEL SAMAD / AFP | Dibaca 39

Berlin – Angpao888.com : Presiden Amerika Serikat Barack Obama mendesak Israel dan Palestina untuk sama-sama tidak melakukan tindakan atas dasar dendam.

“Di tengah masa berbahaya seperti saat ini, semua orang yang terlibat harus melindungi orang tak bersalah dan bertindak di jalan yang terukur, tidak dengan dendam atau serangan balasan,” tulis Obama dalam sebuah kolum di surat kabar Jerman, Die Zeit, seperti diwartakan Reuters, Rabu (9/7/2014).

“Kedua pihak harus bersiap menyiapkan rencana damai.” Tulisan Obama ini akan dipublikasikan di Jerman pada Kamis besok.

Sebelumnya juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mendukung aksi Israel di Jalur Gaza. Ia menyebut Israel memiliki hak membela diri dari serangkaian serangan roket dari wilayah Gaza ke Israel.

Sedikitnya 23 orang tewas di sepanjang Jalur Gaza oleh serangan jet tempur Israel. Pihak Israel mengatakan serangan ini hanya permulaan dari operasi jangka panjang terhadap militan Hamas yang terus menembakkan roketnya ke Israel.

Suara bom di kawasan padat penduduk di Gaza terdengar pada siang dan malam, mengguncang bangunan dan menimbulkan asap tebal. Dari 23 korban tewas, 17 merupakan warga sipil, yang lima di antaranya adalah anak-anak. Sementara dari kubu Israel, dilaporkan adanya dua korban luka.

Israel mengklaim telah berhasil membunuh seorang petinggi grup militan Jihad Islam di wilayah utara Gaza. Lima orang lainnya, termasuk anggota keluarga petinggi grup, turut dibunuh. Detail penyerangan tidak disebutkan.

Meningkatnya kekerasan di sepanjang perbatasan Gaza, yang disebut sebagai yang terburuk sejak pertempuran delapan hari pada 2012, dipicu penculikan tiga remaja Yahudi di Tepi Barat pada 12 Juni.

Hamas dituding sebagai dalang di balik penculikan. Mereka pun menangkap ratusan aktivis Hamas dalam upaya mencari ketiganya, yang pada akhirnya ditemukan tewas. Beberapa hari kemudian, seorang remaja Palestina bernama Mohammed Abu Khudair ditemukan tewas di kawasan hutan Yerusalem. Kematian ini diduga bermotif balas dendam.

Sejak tewasnya Abu Khudair, sebanyak 200 roket diluncurkan dari Gaza ke wilayah Israel. Peluncuran roket direspon Israel dengan serangan udara, yang menewaskan sedikitnya 23 warga Palestina, 17 di antaranya warga sipil.(Wil)

Pages: 1 2 3

Comment Here