Operasi Tulang Belakang dengan MISS

foto: MISS (Minimally Invasive Spine Surgery)

JAKARTA – Angpao888.com : Kesehatan tulang belakang sangat penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Artinya, bila mengalami gangguan tulang belakang, maka aktivitas tentu akan terhambat, selain juga akan berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.

Tulang belakang  terdiri atas dua bagian, yakni bagian anterior yang terdiri dari badan tulang atau corpus vertebrae, dan bagian posterior yang terdiri dari arcus vertebrae. Arcus vertebrae dibentuk oleh dua “kaki” atau pediculus dan dua lamina, serta didukung oleh penonjolan atau procesus yakni procesus articularis, procesus transversus, dan procesus spinosus.

Procesus tersebut membentuk lubang yang disebut foramen vertebrale. Ketika tulang punggung disusun, foramen ini akan membentuk saluran sebagai tempat sumsum tulang belakang atau medulla spinalis. Di antara dua tulang punggung dapat ditemui celah yang disebut foramen intervertebrale.

Bagian-bagian tersebut sangat rentan sekali. Apabila kita salah dalam melakukan aktivitas seperti mengangkat barang yang berat atau posisi duduk yang salah, maka bisa mengakibatkan  tulang belakang dan saraf tulang belakang terasa nyeri. Nyeri tersebut juga bersifat menjalar (radicular) ke tangan atau kaki. Nyeri ini dapat berlangsung secara mendadak (selama 4-6 minggu), atau menahun (lebih dari 6 minggu sampai seumur hidup).

Keluhan lainnya dapat berupa keluhan ringan seperti kram dan kesemutan, sampai keluhan yang sudah menganggu aktivitas sehari-hari seperti rasa tebal disertai kelemahan anggota gerak (kaki dan tangan), gangguan buang air besar dan kecil, disfungsi seksual, maupun kelumpuhan parsial, atau total di kaki.

Selain itu cedera patah tulang belakang, osteoporosis, infeksi, tumor, atau kelainan bentuk tulang belakang (skoliosis) merupakan masalah lain yang juga dapat ditemui pada kasus tulang belakang dan saraf tulang belakang. Bila hal tersebut terjadi maka harus ada penanganan khusus dari Spesialis Ortopedi, penanganan tersebut bisa berupa terapi juga operasi tulang belakang.

Dengan kemajuan teknologi, untuk menangani permasalahan tulang belakang seperti yang telah disebutkan sebelumnya telah dikenal teknik pembedahan yang disebut Minimal Invasive Spain Surgery (MISS). Dengan cara ini pembedahan dapat dilakukan tanpa harus membuka jaringan otot.

Menurut DR. dr. Luthfi Gatam Sp. OT ( K-Spine), MISS sudah dilaksanakan di RS Premier Bintaro sejak 2001. Ada beberapa teknik MISS yang digunakan pada pembedahan tulang belakang,  yaitu True Minimal Invasive, dan Semi Open.

“Pada 2001 RS Premier Bintaro telah memakai teknologi Minimal Acces Spine Surgery, yang dipakai untuk operasi tulang belakang yang patah. Operasi ini menggunakan jarum-jarum khusus yang dimasukan ke dalam tulang. Setelah itu tulang yang patah disemen. Seiring perkembangan, digunakanlah teknologi Endoskopik dengan alatnya yang bernama Teratoskopic Spine Surgery. Endoskop digunakan ke daerah tulang punggung untuk kemudian dilakukan operasi di situ. Kita pernah menggunakannya pada kasus tumor  tulang belakang,” ujar Luthfi.

 

Pages: 1 2

Comment Here