Roket Israel Tewaskan 85 Lebih Warga Gaza, Ini Sikap Obama

Presiden AS Barack Obama | Dibaca 78

WINA – Angpao888.com : Setelah memasuk hari ke tiga dan dengan dugaan peningkatan kekerasan konflik Hamas-Israel di Gaza yang telah mengakibatkan tewasnya puluhan warga sipil, akhirnya Amerika Serikat menawarkan gagasan penyelesaian konflik itu.

Hari Kamis lalu, Presiden Obama menawarkan bantuan Amerika Serikat untuk merundingkan gencatan senjata guna mengakhiri kekerasan antara Israel dan Hamas.

Para pemimpin dunia telah memperingatkan keperluan mendesak untuk menghindari perang baru Israel-Palestina yang dapat meluas di kawasan yang ringkih ini. Demikianlah yang dilansir dari Fox News, 10 Juli 2014.

Dalam pembicaraan telepon dengan Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu, Obama memberikan dukungannya kepada upaya Israel untuk mempertahankan dirinya dari serangan roket yang bertubi-tubi dari Jalur Gaza yang dikendalikan oleh Hamas.

Tapi ia juga menyerukan kepada Israel dan Palestina untuk sama-sama melindungi warga sipil dan mengembalikan ketenangan. Gedung Putih mengatakan bahwa AS berniat “membantu meredakan ketegangan,” kemungkinan seperti gencatan senjata 2012 yang juga ditengahi AS.

Bertambahnya jumlah korban dan menguatnya pertanda serangan darat Israel ke dalam Gaza memicu kekhawatiran di PBB, di mana Sekretaris Jenderal Ban Ki-moon mengatakan dalam rapat darurat Dewan Keamanan PBB bahwa sekarang ini penting sekali untuk menghindari perang baru Israel-Palestina yang dapat meluas ke segenap kawasan itu. Ia menyerukan dua belah pihak untuk menyetujui gencatan senjata.

“Tidak boleh dibiarkan warga dua belah pihak untuk selamanya tinggal dalam ketakutan menunggu-nunggu serangan udara berikutnya,” kata Ban.

Sudah lebih dari 85 orang tewas, termasuk puluhan warga sipil, sejak Israel memulai serangan hari Selasa lalu.

Serangan itu dimaksudkan untuk menyudahi serangan roket bertubi-tubi yang telah menusuk jauh lebih dalam ke Israel dalam suasana ketegangan terkait pembunuhan tiga remaja Israel dan dugaan pembunuhan balasan atas seorang remaja Palestina. Namun nyatanya, korban tewas sebagian besar adalah warga sipil.

Tawaran untuk menciptakan gencatan senjata dapat menyeret AS lebih dalam ke konflik yang ditengarai AS dapat menggoyahkan kawasan, namun belum jelas kepastian peran AS dalam hal ini.

Pages: 1 2

Comment Here