Tiang Gawang “Bawa” Brasil ke Perempat Final

Kiper Brasil Julio Cesar melayang untuk meraih bola tendangan pemain Cile, Jara, sebelum akhirnya memantul di tiang gawang. Brasil menang 3-2 atas Cile dalam adu penalti setelah pertandingan berakhir 1-1 hingga perpanjangan | Kompas | Dibaca 14

Angpao888.com : Brasil lolos ke perempat final Piala Dunia 2014 di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Sabtu (28/6/2014), setelah menyingkirkan Cile. Selecao menang 3-2 saat adu penalti setelah mereka bermain imbang 1-1 selama 90 menit plus 2×15 menit babak perpanjangan waktu.

Tiang gawang menjadi penyelamat Brasil karena eksekutor terakhir Cile, Gonzalo Jara, gagal mencetak gol setelah bola membentur tiang dan memantul keluar. Kiper Brasil, Julio Cesar, juga tampil gemilang dengan mengeblok dua tendangan pemain Cile.

Brasil langsung berinisiatif menyerang sejak peluit kick-off berbunyi. Menit kelima mereka sudah mengancam gawang Cile, tetapi tendangan keras Marcelo dari luar kotak penalti tipis di samping kanan gawang Bravo.

Pada menit ke-15, Brasil kembali mendapatkan peluang melalui tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Cile, menyusul pelanggaran terhadap Luiz Gustavo. Sayang, umpan Neymar ke mulut gawang mampu diantisipasi dengan baik oleh Bravo, yang menangkap dengan lengket si kulit bundar.

Serangan gencar yang dibangun Selecao membuahkan gol pada menit ke-18. Neymar yang mengeksekusi tendangan sudut mengirimkan umpan ke mulut gawang yang disambut Fred dengan sundulan. Bola yang mengarah ke sisi kiri pertahanan Cile langsung disambut David Luiz untuk membobol gawang Cile.

Alih-alih menambah gol, gawang Brasil justru kebobolan pada menit ke-32 lewat aksi Alexis Sanchez. Vargas yang mengawali terjadinya gol ini karena dia berhasil mencuri bola dari pemain Brasil saat melakukan lemparan ke dalam di sektor kiri pertahanan mereka. Eduardo Vargas menyodorkan umpan kepada Sancez yang ada di dalam kotak penalti, dan dengan kaki kanannya, striker Barcelona ini melepaskan tembakan datar ke sisi kanan gawang Brasil dan tak bisa dijangkau kiper Julio Cesar.

Brasil, yang memburu gelar keenam Piala Dunia, dengan cepat merespons gol tersebut. Hanya berselang empat menit mereka nyaris mencetak gol lagi. Sayang, sundulan Neymar menyambut umpan silang dari sayap kanan melebar tipis di sisi kiri gawang Cile.

Menjelang turun minum, Cile berusaha meredam agresivitas Brasil dengan menurunkan tempo permainan sekaligus merapatkan pertahanan. Meski demikian, Brasil masih menemukan celah untuk membuat ancaman, termasuk tembakan jarak jauh Dani Alves pada menit ke-42, tetapi masih bisa dihalau Bravo. Skor 1-1 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Brasil tetap bermain agresif. Gol pun tercipta pada menit ke-55 yang dihasilkan Hulk. Tetapi wasit menganulirnya, bahkan Hulk diganjar kartu kuning karena dia dianggap dengan sengaja menahan bola dengan tangan ketika mengontrol umpan Marcelo sebelum melesakkan bola dengan kaki kirinya ke pojok kanan gawang Cile.

Cile pun menebar ancaman pada menit ke-65. Serangan yang dibangun dari sayap kanan membuat fans Brasil terhenyak ketika Aranguiz berhasil menyambar umpan Isla, yang lebih dulu bermain satu-dua dengan Arturo Vidal di sayap kanan. Beruntung, Julio Cesar bereaksi dengan sangat baik karena mampu menepis bola yang melesak ke sisi kiri gawang.

Setelah itu, nyaris tak ada peluang berbahaya yang diperoleh kedua tim. Pada menit ke-80 Neymar memberikan ancaman ketika menyundul bola umpan Alves. Tetapi bola tepat mengarah ke Bravo yang bisa menghalaunya.

Pages: 1 2

Comment Here