Tiket APTB Tak Lagi Dijual di Halte Bus TransJakarta Mulai Agustus 2014

ilustrasi halte Busway | Dibaca 11

JAKARTA – Angpao888.com : Sistem penjualan tiket di TransJ akan mulai diubah per 8 Agustus 2014 menjadi e-ticketing atau tiket elektronik. Untuk tahap pertama, e-ticketing akan diterapkan di Koridor I (Blok M- Kota) dan selanjutnya bertahap ke seluruh koridor.

Adanya penerapan uang elektronik membuat pengguna bus harus membayar dua kali jika ingin baik bus APTB dan BKTB di seluruh halte TransJ.

“Per tanggal 1 Agustus 2014 ini tidak akan ada lagi penjualan tiket APTB dan BKTB di loket Transjakarta. Seluruh operator akan mengutip tiket, baik perjalanan dalam kota maupun ke luar kota,” kata Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, AN Steve Kosasih, dalam rilisnya, Jumat (18/7/2014).

Dengan sistem itu, orang yang mau naik Kopaja AC, misalnya, harus membayar Rp 8.500, yakni berupa tiket masuk halte Rp 3.500 ditambah tiket yang harus dibayar dalam bus. Kondisi tersebut berlaku untuk seluruh bus milik operator APTB dan BKTB.

Kesepakatan tersebut didapat dalam rapat antara Dinas Perhubungan, PT Transportasi Jakarta, Unit Pengelola Transjakarta, serta para operator APTB dan BKTB di kantor Dinas Perhubungan siang tadi. Menurut Kosasih, semua peserta rapat menyetujui hal itu, kecuali Kopaja yang meminta agar penumpang diberikan akses khusus.

Mengenai adanya ketidaksetujuan Kopaja, hal itu akan dibahas dalam rapat pada Kamis (24/7) mendatang. “Kita terbuka untuk mengakomodir ide win-win solution,” ujar Kosasih.

Sementara itu, Kepala UP Transjakarta, Pargaulan Butar-butar, menegaskan seluruh pembayaran akan langsung masuk ke rekening Transjakarta. “Karena itu sulit dilakukan pemisahan pembayaran secara elektronik karena dalam halte penumpang akan tercampur antara penumpang Transjakarta dan penumpang APTB atau BKTB,” kata Pargaulan.

Oleh Ropesta Sitorus | Detik
 

Comment Here