Warga Jerman Mulai Takut Gunakan WhatsApp

foto : WhatsApp (getty Images)

Jerman – Angpao888.com : Setelah diakusisi oleh Facebook dengan nilai USD 19 miliar, warga Jerman malah meninggalkan WhatsApp. Apa sebabnya?

Starup asal Swiss pembuat pesan instan Threema dibuat terkejut. Pasalnya, setelah WhatsApp dibeli oleh Facebook pengguna aplikasi mereka melesat tajam. Bahkan kini sudah berada di posisi tertinggi aplikasi terlaris Apple App Store Jerman.

Usut punnya usut ternyata warga Jerman mulai menggunakan Threema karena sudah tak percaya dengan keamanan data di WhatsApp. Mereka takut bahwa semua percakapan bisa dilihat oleh Facebook, yang saat ini resmi menjadi perusahaan induknya.

“Facebook sudah melihat segalanya, dan WhatsApp mungkin sama,” kata Thilo Weichert, Komisaris perlindungan data German Land of Schleswig-Holstein.

Kekhawatiran Jerman cukup beralasan. Sebab beberapa waktu lalu pemerintah Amerika Serikat dituding telah menyadap telepon selular kanselir Jerman, Angela Merkel. Facebook pun diduga juga bisa dimanfaatkan sebagai alat pengintai.

Hingga saat ini tercatat ada 30 juta warga Jerman yang aktif menggunakan WhatsApp. Jumlah ini terus diprediksi akan terus berkurang akibat isu soal keamanan data, seperti dikutip detikINET dari Tech Crunch, Senin (24/2/2014).

 

WhatsApp Kirim 54 Miliar Pesan Setiap Hari

WhatsApp mungkin menjadi aplikasi messaging paling sukses saat ini. Penggunanya terus tumbuh, demikian juga jumlah pesan yang terkirim per harinya, bahkan meski sempat didera isu pelanggaran privasi.

Baru-baru ini, WhatsApp mengumumkan saat ini ada 54 miliar pesan yang dikirim setiap harinya. Aplikasi messaging cross platform ini menangani sekitar 18 miliar pesan masuk dan 36 miliar pesan ke luar per harinya.

Angka ini, seperti dilansir Technology Tell, Selasa (21/1/2014) sangat impresif. Seorang analis mobile Benedict Evans mengatakan, jumlah tersebut jauh lebih banyak dari total pesan SMS yang lalu lalang secara global setiap harinya.

Sebenarnya bukan hal yang mengejutkan, mengingat WhatsApp saat ini punya 430 juta pengguna aktif. Meski banyak pesaing bermunculan, WhatsApp tampaknya masih favorit. Penampilannya yang sederhana dan kemudahan berkirim pesan membuatnya terus diminati.

Pages: 1 2

Comment Here